Proteksi

Pentingkah Menyusun Resolusi Keuangan di Tahun Baru?

PFI Mega Life
 29 Jan 2020
Tahun baru berarti waktunya menyusun resolusi keuangan baru. Seberapa pentingkah memiliki resolusi itu? Ikuti tips berikut agar Anda bisa menyusunnya dengan baik.

Bagi banyak orang awal tahun berarti awalan yang baru pula bagi banyak hal. Semua itu kemudian diwujudukan dalam bentuk resolusi tahun baru. Apa hal terpenting yang menjadi resolusi Anda tahun ini?

Setiap orang sebaiknya punya resolusi di tahun baru. Tak masalah apakah di akhir tahun nanti resolusi tersebut tercapai sepenuhnya atau tidak. Setidaknya resolusi bisa membuat apapun yang akan dijalani tahun ini jadi lebih terarah. Jika Anda menuliskan punya investasi terbaik sebagai resolusi, misalnya, mau tak mau Anda pasti mulai memikirkan dan menyusun strategi apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

 

Pentingnya Punya Resolusi Keuangan Seperti Asuransi Kesehatan Terbaik dan Lain-Lain

 

Semakin tahun tuntutan ekonomi jadi semakin tinggi. Karena itu punya resolusi keuangan amatlah penting bagi semua orang. Resolusi keuangan adalah perencanaan keuangan selama setahun yang bisa menjadi acuan apa saja yang harus dicapai dan dilakukan demi memaksimalkan kondisi finansial. 

Banyak hal yang bisa dimaksukan sebagai resolui keuangan di tahun baru. Contohnya adalah memiliki asuransi kesehatan terbaik untuk keluarga. Hal tersebut masuk dalam resolusi keuangan karena sudah pasti akan menjaga kondisi keuangan Anda tetap stabil di tahun yang baru ini. 

Selain hal-hal di atas apa lagi yang merupakan manfaat dari adanya resolusi keuangan? Simak beberapa poin di bawah ini:

  • Membantu Fokus Pada Tujuan

Resolusi keuangan di tahun yang bar ini bisa berfungsi sebagai target. Adanya resolusi akan membuat kita fokus menabung hingga memiliki jumlah uang yang diinginkan, fokus memulai bisnis atau investasi agar punya sumber pemasukan sesuai harapan, dan lain-lain. 

Tanpa adanya resolusi Anda jadi tidak punya target yang jelas apa yang harus dicapai tahun ini. Akibatnya bisa jadi Anda tetap berlaku konsumtif atau tak disiplin mengelola keuangan seperti tahun-tahun sebelumnya. Apa artinya berganti tahun jika hidup masih begitu-begitu saja, bukan?

  • Membantu Mengingatkan Pada Mimpi yang Masih Tertunda

Setelah lelah bekerja dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari, seringkali pemasukan yang diterima hanya habis untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Punya resolusi tahunan yang jelas akan membantu Anda ingat bahwa ada mimpi-mimpi yang masih menunggu untuk diwujudkan. 

Setelah memastikan semua kebutuhan terpenuhi, resolusi keuangan yang jelas akan membantu Anda kembali ingat untuk mewujudkan mimpi. Misalnya jika di tahun ini Anda ingin diri sendiri dan semua anggota keluarga terlindungi. Anda pasti segera mempertimbangkan untuk membeli asuransi kesehatan terbaik. 

  • Resolusi Bisa Jadi Alat untuk Lebih Mengenali Diri Sendiri

Ketika menuliskan resolusi keuangan bisa jadi Anda baru menemukan apa yang selama ini Anda inginkan namun tak kunjung terwujud karena kondisi keuangan yang kurang memadai. Setelah selama ini bekerja keras tentu tak ada salahnya untuk sesekali mengapresiasi diri sendiri.

Ketika menyusun resolusi keuangan Anda juga bisa belajar membedakan mana yang merupakan kebutuhan dan mana keinginan. Pastikan keduanya tetap seimbang agar kondisi finansial tidak terganggu. 

  • Belajar Menghargai Setiap Proses yang Sudah Dilewati

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selalu ada kemungkinan resolusi yang sudah dituliskan di awal tahun tak terwujud semuanya. Hal tersebut bukanlah masalah selama Anda sudah mengusahakan semuanya dengan maksimal. 

Karena alasan di atas lah resolusi bisa menjadi alasan yang tepat untuk belajar menghargai semua proses yang sudah dilewati. Apa-apa yang terwujud dan tak terwujud di tahun ini juga bisa menjadi pembelajaran untuk resolusi di tahun yang akan datang. 

 

Contoh Resolusi Keuangan; dari Asuransi Hingga Investasi Terbaik

 

Beberapa dari Anda mungkin masih mengalami kebingungan dalam menyusun resolusi keuangan. Sebenarnya banyak hal yang bisa Anda masukan dalam daftar resolusi keuangan. Namun hal-hal tersebut harus ada kaitannya dengan perbaikan kondisi finansial Anda. Berikut adalah contoh resolusi keuangan di tahun baru:

  • Membeli Rumah

Jika di tahun sebelumnya Anda masih menyewa tempat tinggal, maka ada baiknya di tahun ini mulai mempertimbangkan untuk membeli rumah sendiri. Rumah adalah salah satu bentuk utang terbaik, sebab dalam beberapa tahun akan menjadi milik sendiri dan mengurangi pengeluaran Anda. 

Selain itu, dalam beberapa tahun kedepan rumah juga bisa menjadi investasi terbaik jangka panjang. Properti apapun bentuknya, termasuk rumah, memang menjadi salah satu asset investasi yang paling menjanjikan. Hal itu disebabkan nilainya yang tak pernah menurun. 

Jika kondisi finansial Anda masih terbatas cobalah cari tahu lebih banyak mengenai sistem cicilan DP. Selain itu pertimbangkan juga untuk memilih tenor cicilan terpanjang yang biasanya hingga mencapai 20 tahun. 

 

Baca Juga: Cicilan Rumah yang Menjerat Keuangan

  • Mengupayakan Kenaikan Penghasilan

Jika di tahun sebelumnya Anda merasa kesulitan memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan karena penghasilan yang kurang memadai, mungkin sudah waktunya Anda mengupayakan kenaikan penghasilan. Hal itu bisa dilakukan dengan negosiasi gaji di kantor atau membuka usaha sampingan.

Negosiasi gaji di kantor bisa dilakukan jika Anda merasa beban kerja dan gaji sudah tidak lagi sepadan. Perusahaan juga biasanya akan mengapresiasi jika kinerja Anda di tahun sebelumnya memuaskan. 

Jika tak bisa naik gaji tahun ini cobalah untuk membuka usaha sampingan. Usaha jual beli online bisa dijadikan salah satu pilihan utama karena relative lebih fleksibel untuk dijalankan. 

  • Memulai Investasi Terbaik

Resolusi keuangan berikutnya yang wajib Anda miliki tahun ini adalah memulai investasi, baik itu investasi terbaik di Indonesia atau jenis apapun yang dirasa cocok dengan Anda. Saat ini jenis investasi yang paling populer di Indonesia adalah saham, reksadana, emas, dan properti. 

Sebelum memulai investasi, pelajari dengan seksama manfaat dan risiko dari setiap jenis yang ada. Jangan sampai keinginan Anda untuk memperbaiki kondisi finansial justru membuatnya semakin berantakan dari sebelumya. 

Jika kondisi keuangan Anda sudah memungkinkan maka properti merupakan salah satu yang paling menguntungkan. Dalam 1 atau 2 tahun saja nilainya sudah bisa naik sebanyak puluhan juta.

  • Memiliki Asuransi Kesehatan Terbaik

Apakah diri Anda dan orang-orang yang sudah Anda sayang sudah terlindungi? Jika belum, maka memiliki asuransi wajib masuk dalam resolusi Anda tahun ini. Jenis asuransinya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun asuransi kesehatan menjadi salah satu yang wajib dimiliki. 

Asuransi kesehatan terbaik adalah asuransi yang akan memastikan biaya tagihan bukan merupakan masalah berarti bagi Anda. Jadi, ketika sakit sekalipun kondisi keuangan tetap stabil dan Anda bisa fokus sepenuhnya pada kesembuhan. 

Selain asuransi kesehatan, asuransi jiwa menjadi jenis asuransi lain yang perlu Anda pertimbangkan kepemilikannya. Manfaat dari jenis asuransi tersebut akan sangat terasa di masa depan, terutama oleh ahli waris yang Anda tunjuk. 

 

Dari semua uraian di atas bisa disimpulkan bahwa keberadaan resolusi keuangan amatlah penting. Anda sangat dianjurkan untuk menyusun dan memperbaruinya setiap tahun. Jangan lupa untuk belajar dari kesalahan pengelolaan keuangan di tahun yang sudah-sudah agar ke depannya bisa lebih baik lagi.

Sementara untuk masalah investasi dan proteksi Anda bisa menjatuhkan pilihan pada PFI Mega Life. Memiliki komitmen untuk selalu melindungi mimpi-mimpi nasabahnya, perusahaan ini memiliki banyak produk yang bisa membantu mewujudkan resolusi keuangan Anda. Tunggu apa lagi? 

 

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Ala Baby Boomers, Apakah Patut Dicontoh?

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.