Investasi

Belajar Cara Investasi dan Hal Lain yang Selalu Dilewatkan Millenials Saat Menyongsong Tahun Baru

PFI Mega Life
 29 Jan 2020
Mulailah tahun baru dengan belajar berinvestasi dan membuat resolusi keuangan yang tepat. Pelajari cara investasi emas, saham, dan reksadana dari artikel di bawah ini.

Tahun yang baru sudah dimulai. Itu artinya sudah saatnya kembali beraktifitas dengan semangat dan resolusi yang juga tak kalah baru. Tapi tahukah Anda, ketika menyambut tahun baru ada beberapa hal penting yang serin terlewat, terutama oleh para millenials.

Salah satu yang sering terlewatkan adalah menyusun resolusi keuangan, termasuk di dalamnya belajar cara investasi, punya asuransi terbaik, dan lain-lain. Padahal resolusi keuangan adalah salah satu yang terpenting untuk membenahi kondisi finansial di tahun yang baru ini. 

 

Mengapa Resolusi Keuangan Sangat Penting?

 

Ada beberapa alasan yang membuat keberadaan resolusi keuangan sangat penting. Alasan pertama adalah karena resolusi keuangan bisa berfungsi sebagai target yang membantu setiap orang untuk fokus pada tujuan. Adanya target yang jelas akan mempermudah seseorang dalam menentukan strategi keuangan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya.

Alasan kedua yang membuar resousi keuangan amat penting adalah keberadaannya yang mampu mengingatkan bahwa ada mimpi yang harus dicapai. Mimpi-mimpi tersebut akan mengharuskan seseorang mengurangi sifat konsumtif dan lebih giat menabung. Tak bisa dipungkiri bahwa selama ini sifat konsumtif lah yang membuat kondisi keuangan seseorang jadi naik turun. 

Selain kedua fungsi di atas, resolusi keuangan juga bisa membantu setiap orang untuk lebih menghargai proses. Jadi, kalaupun ada bagian dari resolusi yang tak tercapai bukanlah masalah berarti selama telah diupayakan selama maksimal. Hal tersebut justru bisa dijadikan bahan evaluasi dan pembelajaran. 

Setiap orang sebaiknya punya resolusi keuangan yang spesifik saat menyambut tahun baru. Contoh resolusi keuangan yang spesifik adalah belajar cara investasi emas dan segera memulainya. Sayangnya banyak orang yang masih abai dalam menyiapkan hal ini. 

Contoh lain dari resolusi keuangan adalah menargetkan berapa jumlah tabungan yang harus dimiliki tahun ini. Setelahnya barulah dipikirkan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai target tersebut.

 

Selain Resolusi Keuangan, Apa Lagi yang Sering Dilewatkan Anak Muda Saat Menyongsong Tahun Baru?

 

Anak muda seharusnya bisa memaksimalkan setiap peluang yang ada untuk memaksimalkan kondisi finansial. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tidak lagi dilewatkan setiap kali menyongsong tahun baru:

  • Menabung dengan Lebih Disiplin

Berbagai kebutuhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Oleh karena itu ketika menyambut tahun baru jangan lupa memaksa diri untuk menabung dengan lebih disiplin. Bila perlu targetkan berapa jumlah yang ingin dikumpulkan hingga akhir tahun nanti. 

Anda juga bisa mulai mencoba jenis tabungan lain selain tabungan konvensional yang selama ini digunakan. Jenis tabungan yang bisa dicoba antara lain adalah tabungan emas atau mata uang asing. Keduanya cenderung lebih aman dari inflasi.

Cara investasi emas saat ini sangat mudah. Anda bahkan bisa melakukannya via ponsel. Namun pahami dulu semua risiko dan manfaatnya sebelum memulai agar tidak menyesal. 

  • Meningkatkan Literasi Keuangan

Hal berikutnya yang tak boleh dilewatkan ketika menyongsong tahun yang baru adalah komitmen untuk meningkatkan literasi keuangan. Literasi keuangan adalah segala hal yang berkaitan tentang pengelolaan keuangan seperti cara mengatur keuangan, cara investasi, cara mengelola pembayaran utang, dan lain-lain. 

Memiliki literasi keuangan yang baik akan membuat pengelolaan keuangan Anda berlangsung dengan lebih baik. Selanjutnya efek jangka panjang yang bisa dirasakan adalah kondisi keuangan yang senantiasa stabil dari waktu ke waktu. 

Saat ini ada banyak sumber yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi keuangan. Anda bisa memanfaatkan berbagai artikel yang ada di internet atau bahkan mengikut kursus online yang kini banyak tersedia. 

  • Mengelola Utang dengan Lebih Bijak

Apakaha selama ini Anda adalah pengguna aktif kartu kredit, pay later, dan sarana berhutang lainnya? Memanfaatkan fasilitas-fasilitas tersebut memang tak ada salahnya. Namun di tahun yang baru ini usahakan untuk mengelolanya dengan lebih bijak.

Usahakan tidak terlalu banyak menumpuk utang, apalagi jika hanya untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Jumlah cicilan maksimal setiap bulannya adalah maksimal 30% dari penghasilan. Jika sampai lebih dari itu maka hampir bisa dipastikan kondisi keuangan Anda akan berantakan. 

Bila memungkinkan berutanglah untuk hal-hal yang sifatnya tidak konsumtif semata. Misalnya meminjam uang sebagai modal setelah Anda belajar cara investasi saham. 

  • Mulai Belajar Berinvestasi

Bagian dari resolusi keuangan berikutnya yang masih banyak diabaikan anak-anak muda adalah pentingnya berinvestasi. Saat ini sangat sulit untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup jika hanya mengandalkan gaji semata. Investasi adalah salah satu jalan keluar yang patut diusahakan.

Jangan dulu khawatir masalah modal dan lain-lain. Saat ini banyak investasi yang bisa dimulai dengan modal rendah. Jika dikelola dengan benar investasi bermodal kecil tersebut tetap bisa mendatangkan hasil yang cukup besar. 

Saat ini sudah banyak chanel yang bisa dimanfaatkan untuk belajar berinvestasi. Anda cukup rajin membaca artikel di internet atau mengikuti kursus online tentang cara investasi sebelum memberanikan diri untuk benar-benar berinvestasi. 

 

Baca Juga: Bagaimana Cara Berinvestasi dengan Uang Terbatas?

 

Jenis Investasi yang Cocok untuk Anak Muda

 

Sebagai investor pemula ada 3 jenis investasi yang cocok untuk Anda coba. Ketiga jenis investasi tersebut adalah:

  • Emas

Jenis investasi yang satu ini cocok untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Meksipun kenaikannya tidak signifikan, berinvestasi emas cenderung memiliki risiko yang kecil. Jenis investasi ini aman dari inflasi sehingga cocok pula digunakan untuk mengamankan asset. 

Cara investasi emas tidaklah sulit. Apalagi kini banyak lembaga keuangan yang menyediakan program tabungan emas. Cukup sisihkan beberapa persen dari penghasilan Anda setiap bulan untuk memiliki tabungan emas. Ketika dibutuhkan dan sudah mencapai berat maksimal tabungan tersebut bisa langsung dicairkan dengan mudah. 

  • Saham

Saham merupakan salah satu bentuk investasi yang tengah banyak digandrungi. Dibutuhkan kejelian membaca peluang untuk mendapatkan keuntungan yang besar dalam investasi ini. Jika salah perhitungan bisa-bisa Anda justru mengalami kerugian. 

Cara investasi saham sederhananya adalah dengan membeli saham dari perusahaan yang memang menjual sahamnya ke publik.  Saham dijual per lembar dengan harga yang berbeda-beda di tiap perusahaan. Nantinya Anda aka menerima dividen (pembagian keuntungan) sesuai jumlah saham yang Anda miliki. 

  • Reksadana

Investasi berikutnya yang cocok bagi pemula adalah reksadana. Cara investasi reksadana adalah menyetorkan sejumlah modal ke perusahaan pengelola investasi. Nantinya uang Anda akan dikelola ke dalam berbagai instrument investasi bersama uang modal dari individu atau kelompok lainnya. 

Sama seperti inivestasi saham, nantinya Anda akan menerima prosentase keuntungan sesuai jumlah modal yang disetorkan di awal. Risiko reksadana adalah jika perusahaan mengalami kebangkrutan atau inflasi kelewat tinggi. 

 

Saat ini perusahaan asuransi juga mengeluarkan beberapa produk yang mendatangkan manfaat investasi. Misalnya dengan memilih produk asuransi jiwa unit link. 

PFI Mega Life memiliki 1 produk unit link yang sangat cocok dimiliki oleh investor pemula seperti Anda. Tak hanya mendatangkan keuntungan, Anda juga akan mendapatkan proteksi khas asuransi jiwa. Jangan lupa masukkan kepemilakan produk tersebut sebagai bagian dari resolusi keuangan Anda di tahun yang baru ini. 

 

Baca Juga: Tips Mengumpulkan Investasi yang Menguntungkan

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.