Proteksi

Tips Memilih Jenis Asuransi untuk Penyakit Kritis

PFI Mega Life
 28 Apr 2022
Sejak pandemi melanda seluruh dunia, kita jadi semakin peduli akan kesehatan diri sendiri dan keluarga. Salah satu bentuk perlindungan yang bisa kita berikan untuk diri sendiri dan keluarga adalah memiliki asuransi.

Sejak pandemi melanda seluruh dunia, kita jadi semakin peduli akan kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Salah satu bentuk perlindungan yang bisa kita berikan untuk diri sendiri dan keluarga adalah memiliki asuransi. 

Perlu kamu ketahui asuransi adalah produk dari perusahaan asuransi yang memberikan pertanggungan dalam bentuk dana kepada pemilik polis asuransi sesuai dengan polis yang berlaku.

Kemudian manfaat asuransi adalah mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu kejadian atau keadaan yang merugikan serta tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

Dengan memiliki asuransi, keluarga jadi terlindungi akan resiko yang mungkin saja menimpa di kemudian hari. 

Resiko yang cukup berat dan memakan sumberdaya yang besar salah satunya adalah penyakit kritis. Untuk itu penting jika kita memiliki asuransi yang melindungi dari resiko penyakit kritis. 

Penyakit kritis yang ditanggung pihak asuransi itu bisa berbeda-beda tergantung dari kebijakan perusahaan asuransi itu sendiri. Namun, secara umum penyakit kritis yang ditanggung asuransi biasanya penyakit jantung, stroke, kanker dan gagal ginjal.

Perbedaan Asuransi Kesehatan dan Asuransi Penyakit Kritis

Terkadang kita masih belum memahami perbedaan dari dua jenis asuransi ini, yaitu perbedaan asuransi kesehatan dan asuransi penyakit kritis. 

Perbedaan yang paling terlihat adalah di besaran nilai pertanggungan santunan. Karena penyakit yang bakal ditanggung itu membutuhkan biaya yang besar, maka santunannya juga lebih besar.

Untuk itu pihak asuransi selalu menyediakan produk khusus untuk penyakit kritis yang terpisah dari asuransi kesehatan biasa.

Memilih Asuransi Kritis

Saat ini ada beragam asuransi penyakit kritis yang tersedia di indonesia. Untuk itu perlu mempelajari jenis asuransi penyakit kritis yang ingin dipilih.

Berikut ini tips memilih jenis asuransi untuk penyakit kritis

  • Pilih Perusahaan yang Terpercaya

Karena asuransi penyakit kritis itu memberikan manfaat yang besar, tentunya kamu harus cek kredibilitas dari perusahaan asuransi yang ingin dipilih. 

Tujuan melakukan pengecekan kredibilitas adalah jika nanti klaim dan cairkan uang pertanggungan bisa aman dan tidak ada hambatan yang berarti.

Cara paling mudah untuk mengetahui kredibilitas dari perusahaan asuransi adalah dengan mengecek riwayat keuangan perusahaan.

Kamu bisa membaca laporan keuangan tahunan perusahaan dari situs perusahaan. Coba cek apakah laporan keuangan sudah sesuai dengan ketentuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pastikan nilai risk based capital (RBC) minimal 120 persen.

Jika nilai RBC di atas 120%, maka perusahaan dalam kondisi yang sehat karena memiliki keuangan yang baik. Serta mampu membayar klaim pemegang polis dan memiliki aset.

  • Perlindungan Asuransi Sesuai Kebutuhan

Untuk produk asuransi penyakit kritis, masing-masing perusahaan memiliki list penyakit kritis yang berbeda-beda yang akan ditanggung. 

Oleh sebab itu kamu perlu memastikan list penyakit kritis yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

Misalnya keluarga kamu memiliki riwayat penyakit diabetes, kamu bisa fokus mencari asuransi penyakit kritis yang memberikan perlindungan untuk diabetes, jadi fokus hanya ke penyakit yang sesuai dengan kebutuhan kamu.

  • Benefit untuk Ahli Waris

Selain memberikan perlindungan yang besar, asuransi penyakit kritis sebaiknya mempertimbangkan benefit untuk ahli waris.

Tujuannya adalah supaya asuransi penyakit kritis ini bisa diwariskan ke keluarga pemegang polis. Sehingga, keluarga dapat meneruskan hidup dari dana perlindungan dari asuransi.

  • Pilihan Pembayaran Premi

Tips terakhir untuk memilih asuransi penyakit kritis adalah dengan membandingkan pilihan pembayaran yang disediakan oleh perusahan asuransi. 

Biasanya pilihan pembayaran yang disediakan dengan pembayaran bulanan, per enam bulan atau tahunan.

Dalam memilih asuransi penyakit kritis kita harus teliti dalam pemilihannya, jangan sampai salah memilih asuransi penyakit kritis yang tidak sesuai dengan kebutuhan.

Salah satu asuransi yang bisa kamu pilih untuk perlindungan penyakit kritis adalah Asuransi Mega Comforta yang merupakan produk asuransi jiwa berjangka yang memberikan manfaat berupa perlindungan asuransi jiwa yang dilengkapi dengan berbagai perlindungan untuk penyakit kritis serta manfaat meninggal dunia yang diakibatkan oleh kecelakaan

Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai Asuransi Mega Comforta melalui form di bawah ini.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda.