Finansial

Cara Mudah Mengatur Keuangan Pribadi

PFI Mega Life
04 Aug 2022
Kita seringkali abai akan pentingnya mengatur keuangan, lalu bagaimana cara mudah mengatur keuangan pribadi? simak artikel berikut

Hal yang tidak mudah untuk dilakukan bagi seseorang yang telah memiliki karir dan pekerjaan adalah bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan. Prosesnya yang membutuhkan pengetahuan akan finansial, serta komitmen terhadap diri sendiri dalam membuat perencanaan anggaran keuangan.

Hal ini kerap menjadi tantangan tersendiri, terlebih lagi bila kita dihadapkan pada kebutuhan primer yang mendesak, godaan untuk berbelanja, serta pemenuhan keinginan dan hobi. Kita seringkali abai akan pentingnya menabung, memiliki alokasi biaya asuransi dan mulai melakukan investasi.

Berikut ini adalah informasi tentang bagaimana cara mudah mengatur keuangan pribadi yang bisa dilakukan secara praktis tanpa repot.

Membuat Rencana Pengeluaran

Hal wajib yang perlu dilakukan ketika ingin mulai mengatur keuangan pribadi adalah membuat rencana pengeluaran. Pastikan kita mengutamakan pengeluaran yang bersifat pokok dan wajib seperti makan, minum, tempat tinggal dan transportasi.

Bila kebutuhan pokok telah tercatat, baru kita boleh menyusun rencana pengeluaran selanjutnya seperti belanja, hiburan dan hobi. Meski begitu, jumlahnya tidak boleh melebihi dari kebutuhan pokok.

Dengan membuat rencana pengeluaran secara terperinci, hal ini akan membantu kita mengetahui rata-rata pengeluaran kamu setiap bulan, sehingga mempermudah kita membuat alokasi gaji agar tidak boros.

Menyusun Alokasi Gaji

Langkah berikutnya setelah jumlah rata-rata pengeluaran setiap bulan sudah diketahui dan dicatat, kita bisa membuat alokasi gaji. Alokasi ini akan sangat berguna untuk kita jadikan acuan mengelola keuangan pribadi setiap bulannya. 

Gunakanlah persentase untuk mempermudah, semisal dari total gaji yang diterima, maka kita alokasikan sebanyak 60% untuk kebutuhan pokok, 20% untuk hiburan dan hobi, 10% untuk dana darurat, dan 10% untuk tabungan dan investasi.

Dengan membuat persentase, kita akan lebih mudah pula menentukan mana yang jadi prioritas kita setiap bulannya.

Menabung dan Investasi di Awal Bulan

Menabung dan investasi memang terkadang terasa berat sementara kita masih banyak kebutuhan dan keinginan lain yang belum terpenuhi. Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk hal ini adalah membiasakan diri menyisihkan dana tabungan dan investasi di awal bulan setelah gajian. 

Menyisihkan dana di awal bulan menjadikan rutinitas bahwa menabung dan investasi memang sudah jadi bagian dari rutinitas kita dalam perencanaan keuangan tiap gajian. Sebab jika kebiasaan menabung hanya dilakukan di akhir bulan, hal tersebut bisa membuat uang tabungan terpakai untuk kebutuhan atau keinginan yang tidak terduga.

Gunakan Proteksi Sejati

Kini hadir produk asuransi jiwa tradisional dwiguna yang persembahan PFI Mega Life Insurance bernama Proteksi Sejati untuk melengkapi cara kita mengatur keuangan pribadi. 

Produk asuransi ini memberikan perlindungan asuransi terhadap risiko meninggal dunia yang disebabkan karena kecelakaan dan bukan kecelakaan, serta memberikan manfaat tahapan sesuai jadwal yang diperjanjikan.

Selain itu manfaat berikutnya dari Proteksi Sejati yakni pengembalian premi 110% pada akhir masa kontrak asuransi.

Dengan manfaat yang ada, kita bisa menggunakan Proteksi Sejati sebagai asuransi jiwa berjangka yang berfungsi sekaligus sebagai asuransi jiwa dan dana pendidikan. 

Dengan Proteksi Sejati, cara kita dalam mengatur keuangan pribadi menjadi lebih mantap dan pasti. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Proteksi Sejati, sila isi form di bawah ini atau kunjungi web way.id.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI lang

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda lang