Finansial

2023 gelap, Persiapkan Dana Darurat Sebelum Terlambat

PFI Mega Life
29 Nov 2022
Kondisi dunia kini sedang tidak baik. Mulai dari harga kebutuhan yang meningkat akibat terjadinya inflasi di beberapa negara. Inflasi ini juga memicu krisis biaya hidup di berbagai negara.

Kondisi dunia kini sedang tidak baik. Mulai dari harga kebutuhan yang meningkat akibat terjadinya inflasi di beberapa negara. Inflasi ini juga memicu krisis biaya hidup di berbagai negara.

Ditambah, ketatnya suku bunga acuan di berbagai negara serta perang yang tidak kunjung selesai menjadikan berbagai negara mengalami tekanan yang besar.

Dana Moneter Internasional (IMF) sudah mencatat bahwa sepertiga ekonomi dunia sudah mengalami resesi atau pertumbuhan yang negatif selama dua kuartal terakhir. IMF juga memperkirakan ekonomi dunia hanya tumbuh 2,7% yang sebelumnya 2,9%.

Presiden Jokowi pun berulang kali mengatakan kondisi ekonomi dunia makin tidak pasti. Bahkan tahun depan Jokowi memperkirakan bahwa kondisi dunia dalam ‘awan gelap’ serta akan ada badai besar yang menghadang.

"Hati-hati ketidakpastian ini, mengenai ketidakpastian ini, dan tiap hari kita selalu diingatkan dan kalau kita baca baik di media sosial di media cetak, di media online semuanya mengenai resesi global, tahun ini sulit dan tahun depan sekali lagi saya sampaikan akan gelap, dan kita tidak tahu badai besarnya seperti apa sekuat apa tidak bisa dikalkulasi," kata Jokowi saat Pengarahan Presiden kepada seluruh Menteri/Kepala Lembaga, Kepala Daerah, Pangdam dan Kapolda di JCC, Jakarta, Kamis (29/9).

Dengan melihat hal yang disampaikan Presiden Jokowi mengenai 2023 gelap, perlu adanya antisipasi dan juga strategi supaya bisa menahan atau mengurangi dampak resesi tersebut langsung ke keluarga tercinta.

Oleh karena itu, salah satu strategi yang perlu dipersiapkan adalah dengan mempersiapkan dana darurat

Pengertian Dana Darurat

Bersumber dari laman Kemenkeu dana darurat merupakan dana yang dipersiapkan dengan sengaja untuk disimpan sebagai cara mengantisipasi dan digunakan ketika terjadi peristiwa atau keadaan darurat yang tidak dapat diprediksi atau tidak diharapkan terjadi.

Jumlah Dana Darurat Perlu Dipersiapkan

Umumnya dana darurat yang ideal untuk disimpan adalah sekitar 6-12 kali biaya pengeluaran kamu tiap bulannya. Besarnya dana darurat pastinya akan berbeda pada tiap orang atau keluarga. 

Jumlah dana darurat bisa berbeda tergantung penghasilan, kebutuhan hidup dan gaya hidup masing-masing. Jika mengacu pada situs resmi Kemenkeu jumlah dana darurat yang perlu disiapkan seperti berikut:

Belum menikah 6 kali lipat pengeluaran per bulan
Sudah menikah 9 kali lipat pengeluaran per bulan
Sudah menikah dan memiliki anak 12 kali lipat pengeluaran per bulan

Namun kamu juga bisa mempersiapkan dana darurat lebih dari yang disarankan. Semakin banyak dana darurat yang kamu simpan maka bisa memberikan rasa aman dalam menghadapi resesi di tahun 2023 mendatang.

Menyimpan Dana Darurat

Ketika sudah mengetahui jumlah dana yang harus kamu sisihkan, selanjutnya adalah mengetahui tempat menyimpan dana darurat tersebut. Pastikan kamu memiliki akses yang cepat dan mudah untuk mengakses dana darurat tersebut. 

Kenapa harus akses yang cepat dan mudah? Alasannya supaya kamu tidak kesulitan ketika ingin menggunakan dana darurat untuk peristiwa yang tidak terduga. 

Pilih lah lembaga keuangan yang terpercaya yang memiliki reputasi yang baik. Hal ini dibutuhkan untuk menjamin dana yang kamu kumpulkan dikelola dengan baik dan tidak disalahgunakan.

Cara Mempersiapkan Dana Darurat

Ada berbagai cara yang dapat ditempuh dalam mengumpulkan dana darurat. Pastikan kamu selalu konsisten dalam mengumpulkan dana darurat. Perlakukan dana darurat untuk hal yang mendesak dan tidak dapat ditunda saja. Manajemen dana darurat yang baik akan memastikan penggunaan dana darurat kamu dapat berguna dengan baik dalam melindungi kamu dan juga keluarga.

Berikut cara yang bisa kamu gunakan dalam menabung dana darurat:

  1. Sisihkan dari gaji bulanan
  2. Kurangi pengeluaran bulanan
  3. Merencanakan pengeluaran bulanan kamu
  4. Perkirakan waktu yang dibutuhkan dalam mengumpulkan dana darurat
  5. Siapkan rekening khusus dana darurat
  6. Kumpulkan dana darurat secara perlahan dan konsisten
  7. Gunakan fitur auto-debet jika ada

Selain dana darurat kamu perlu mempersiapkan asuransi yang memadai untuk kebutuhan kamu, manfaat asuransi juga sebagai bentuk perlindungan bagi kamu dan keluarga.

Adapun produk asuransi yang direkomendasikan adalah Proteksi Sejati dari Way.ID yang merupakan persembahan dari PFI Mega Life. Sebagai salah satu produk unggulan asuransi jiwa, Proteksi Sejati memiliki komponen tabungan untuk mewujudkan serta melindungi impian masa depan yang dimiliki oleh Nasabah. 

Produk Proteksi Sejati juga disertai komponen pertanggungan asuransi optimal, yang memberikan perlindungan jiwa hingga 400% dari akumulasi Premi yang telah dibayar nasabah, dengan masa asuransi sampai dengan usia 70 tahun atau sampai dengan berakhirnya pertanggungan. 

Tak hanya itu, manfaat asuransi Proteksi Sejati berikutnya adalah pengembalian premi hingga 170% pada akhir masa kontrak asuransi. 

Bulan November way.id ada promo #GenerasiBebasAnxiety dari 1 - 30 November 2022, untuk informasi lebih lengkap mengenai promo ini bisa klik link berikut https://bit.ly/gba-sejati atau isi formulir dibawah untuk mendapatkan persyaratan dan benefit yang akan didapat.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI lang

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda lang