Proteksi

Berbagai Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

PFI Mega Life
28 Apr 2022
Sebagian dari kita pasti sudah mengetahui jenis investasi yang ada saat ini. Tidak sedikit juga yang menggunakan investasi untuk melindungi dan meningkatkan aset kekayaan. 

Sebagian dari kita pasti sudah mengetahui jenis investasi yang ada saat ini. Tidak sedikit juga yang menggunakan investasi untuk melindungi dan meningkatkan aset kekayaan. 

Namun, yang disayangkan masih banyak masyarakat yang belum memahami investasi, karena masih banyak anggapan bahwa kegiatan investasi hanya dilakukan oleh orang-orang kaya saja. Hal ini menyebabkan rendahnya minat investasi.

Dengan perkembangan teknologi dan mudahnya mendapatkan akses untuk menambah literasi keuangan, terutama dalam bidang investasi. Perlahan menggeser pemahaman masyarakat akan investasi. 

Investasi kini bisa dilakukan oleh semua kalangan. Pendidikan finansial semakin mudah dijangkau yang tentunya akan berdampak pada meningkatnya literasi keuangan di masyarakat dan menumbuhkan minat investasi di indonesia.

Jenis Investasi

Investasi sendiri dibagi menjadi dua yaitu jenis investasi jangka pendek dan jenis investasi jangka panjang 

Investasi Jangka Pendek

Investasi ini memiliki periode yang terbilang cukup pendek dan hasil yang didapat bisa dilihat setelah enak sampai dua belas bulan. Jenis investasi ini cenderung memiliki hasil yang relatif rendah. Instrumen investasi jenis ini yang populer adalah reksadana.

Investasi Jangka Panjang

Investasi ini merupakan kebalikan dari investasi jangka pendek. Investasi jangka panjang termasuk dalam kategori investasi yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil. Periode yang biasanya dibutuhkan terbilang panjang yaitu, bisa lebih dari lima tahun. Untuk hasil yang didapat biasanya lebih optimal namun, risiko yang diambil juga lebih tinggi.

Investasi yang Populer di Indonesia

Setelah mengetahui jenis investasi, selanjutnya mengetahui berbagai instrumen investasi yang populer di Indonesia.

Emas

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dari dahulu kala. Investasi ini cocok untuk kamu yang ingin memiliki investasi jangka panjang dan tergolong aman, karena harga emas cenderung naik dan stabil.

Deposito

Salah satu jenis investasi yang biasanya dikeluarkan oleh bank. Deposito umumnya menawarkan bunga yang lebih kompetitif dibandingkan dengan tabungan biasa. Selain itu deposito memiliki tanggal jatuh tempo yang bisa kamu tunjukkan di awal pembukaan rekening deposito, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enak bulan, dua belas bulan.

Obligasi

Obligasi merupakan surat utang jangka menengah maupun panjang yang dapat dipindah tangankan. Surat utang ini berisi janji pihak penerbit untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi hutang pokok pada waktu yang telah ditentukan kepada pemegang obligasi.

Reksadana

Merupakan instrumen investasi yang populer saat ini karena reksadana merupakan wadah yang digunakan untuk mengumpulkan dana masyarakat bermodal yang selanjutnya diinvestasikan dalam bentuk portofolio efek oleh manajer investasi. 

Bentuk investasi ini tergolong mudah karena kamu cukup menyiapkan modal lalu dana tersebut akan dikelola manajer investasi dalam bentuk portofolio efek yang terdiri dari produk pasar uang, obligasi dan juga saham.

Saham

Instrumen investasi yang paling terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Jadi investasi saham bisa dilakukan dengan cara membeli saham suatu perusahaan yang tercatat di Bursa Efek, kemudian pemegang saham dari perusahaan tersebut akan memperoleh hak atas dividen sebesar persentase saham yang dimiliki pada perusahaan tersebut.

Asuransi

Jika mendengar asuransi, mungkin yang terlewat dalam pikiran adalah proteksi. Benar asuransi selain memberikan proteksi kepada diri juga bisa memberikan proteksi ke keluarga serta aset yang dimiliki. Seperti rumah, kendaraan, gudang, kantor dan lainnya.

Pada umumnya asuransi digunakan sebagai proteksi dari risiko kerugian yang bisa saja terjadi. Namun kini asuransi juga dapat menjadi alternatif investasi. Salah satunya manfaat investasi dalam asuransi unit link, dengan asuransi unit link yang merupakan gabungan dari asuransi dan juga investasi. Kamu bisa berinvestasi dengan membayarkan premi yang kemudian dikonversikan menjadi bentuk unit. 

Unit inilah yang dibagi menjadi dua jenis, pertama untuk membayar asuransi dan yang kedua untuk diinvestasikan. Asuransi yang umum digunakan untuk investasi jangka panjang yaitu asuransi jiwa.

Seperti Mega Signature Link yang merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi untuk memberikan perlindungan asuransi jiwa sekaligus kesempatan berinvestasi untuk persiapan kebutuhan finansial di masa mendatang. Selain itu Mega Signature Link juga memberikan manfaat loyalty bonus hingga 8% yang bisa didapatkan mulai tahun ke 6 polis. 

Dapatkan info lebih lanjut mengenai Mega Signature Link dari PFI Mega Life Insurance melalui form dibawah ini.

Berikan komentar anda

TERIMA KASIH TELAH MENGHUBUNGI KAMI lang

Kami akan meninjau dan mengkonfirmasi komentar Anda lang